Selasa, 19 Oktober 2010

TELEMATIKA
Sejarah Perkembangan Penerapan Telematika di Indonesia.

Perubahan merupakan bagian dari kehidupan manusia baik perubahan dalam kemampuan berpikir dan berinteraksi antar sesama dalam proses yang panjang sehingga menghasilkan peradaban. Seperti halnya perkembangan telematika khususnya
Perkembangan Penerapan Telematika di Indonesia.

Pendahuluan Telematika berasal dari bahasa Perancis “telematique” yang berarti telekomunikasi dan data. Pengertian telekomunikasi adalah tehnik mengirim pesan dari suatu tempat ke tempat lain dan biasajnya berlangsung secara 2 arah.

Yang dimaksud dengan "TELEMATIKA" yaitu suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya Di indonesia pembangunan Telematika diarahkan sesuai dengan visi bangsa kita dalam menghadapi persaingan global yang semakin sengit dalam abad mendatang. Kalau agak sedikit membumi, beberapa kata kunci menjadi acuan utama.

Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technolog) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. . Beberapa masalah hukum yang teridentifikasi dalam penggunaan teknologi informasi adalah mulai dari penipuan, pelanggaran, pembobolan informasi rahasia, persaingan curang sampai kejahatan yang sifatnya pidana.

Sejarah Perkembangan Penerapan Telematika Di Indonesia Semenjak Amerika Serikat sebagai negara yang paling awal mempunyai inisiatif dalam pembangunan superhighways informasi, meluncurkan The National Infrastructure Information-nya pada.

Semenjak Amerika Serikat sebagai negara yang paling awal mempunyai inisiatif dalam pembangunan superhighways informasi, meluncurkan The National Infrastructure Information-nya pada tahun 1991, banyak negara industri lainnya mengikutinya.


DEFINISI TELEMATIKA. Di dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Telematika. Kata telematika berasal dari istilah dalam bahasa Perancis TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.


Sejarah Perkembangan Penerapan Telematika Di Dunia atau di Indonesia. Telematika itu sendiri berasal dari bahasa asing yaitu perancis “Telematique” yang artnya bertemunya jaringan sistem informasi dengan teknologi.

Sejarah Perkembangan Penerapan Telematika Di Dunia atau di Indonesia. Telematika itu sendiri berasal dari bahasa asing yaitu perancis “Telematique” yang artnya bertemunya jaringan sistem informasi dengan teknologi informasi (datanya).

Perkembangan Penerapan Telematika Di Indonesia Warta Warga. Di Periode Pra Satelit Sebelum Tahun 1976 Perkembangan Teknologi Komunikasi Di Indonesia Masih Terbatas Pada Bidang Telepon Dan Radio.

Sementara itu, di Indonesia, perkembangan telematika masih tertinggal apabila dibandingkan dengan negara lain. Cina misalnya, kini sudah dapat mendahului republik ini dalam hal aplikasi komputer dan internet, begitupula Singapura.

TKTI mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori program aksi dan inisiatif untuk menigkatkan perkembangan dan pendayagunaan teknologi telematika di Indonesia, serta memfasilitasi dan memantau pelaksanaannya.

Untuk kasus di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an.

Peran Telematika Berdasarkan perkembangan telematika tersebut diatas, telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain : 1. Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan.

Perkembangan telematika penulis bagi menjadi 2 masa yaitu masa sebelum atau pra satelit dan masa satelit. 1. Masa Pra-Satelit Radio dan Telepon. Di periode pra satelit (sebelum tahun 1976), perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia.

0 komentar: